Site Meter Yogiezcom_blog's: Tips Cara Install Windows XP di notebook/ Laptop berhardisk SATA
Pusat Service Laptop / Notebook Sidoarjo dan sekitarnya
Notebook anda Rusak??, Sering Hank, Notebook Layar tidak tampil ( Blank Screend), LCD Notebook anda Pecah???dan kerusakan- Kerusakan lainnya, konsultasikan dengan kami, YogiezCom Service Notebook Sidoarjo.
Kami YogiezCom Spesialis Service Laptop / Notebook All Merek dan Menangani segala Kerusakan. Hadir memberikan solusi untuk anda.
Kerusakan yang sering tejadi pada notebookSeperti Notebook Mati total, Blank Screen ( Layar tidak Tampil). Sering Hank, VGA troble, Reset Bios Laptop, Insyallah kami bisa memperbaikinya. dengan harga yang kompetitif..Cek & Konsultasi Kerusakan pada Notebook anda Gratis!!! jadi jangan sungkan untuk menghubungi kami. "Service Notebook anda tidak berhasil kami Perbaiki , anda tidak usah bayar !!!", Untuk menambah kemudahan bagi anda Kami juga menyedikan "LAYANAN AMBIL ANTAR", jadi anda bisa menghemat waktu anda!!! Kami Juga Menyediakan Sparepart Notebook, Seperti LCD notebook, Adaptor Notebook, Keyboard, dan accesories Noebook dan Komputer lainnya. Murah & bergarasi
Call Center : (031)60661703 / 08585 313 8000 / 081 357 663033
untuk memudahkan anda menuju ke tempat kami, silahkan lihat Peta Lokasi di bawah ini

Lihat Peta Lebih Besar

Sabtu, 13 Desember 2008

Tips Cara Install Windows XP di notebook/ Laptop berhardisk SATA



Mungkin ketika anda meng-install Windows XP di laptop Acer Aspire 4310 dan acer tipe lain diatasnya( menggungakan hardisk sata), akan muncul pesan bahwa installer windows tidak dapat menemukan hard disk pada laptop anda, seperti pada gambar di atas. Ha ini juga terjadi di notebook/ laptop merk lain seperti toshiba, compaq, Lenovo dan lain dan yang pasti notebook- ini menggunakan hardisk SATA RAID.

Pesan ini muncul karena Installer Windows tidak dapat nge-detect SATA pada laptop Acer Aspire 4310. Untuk mengatasi masalah ini, ada 2 cara yang dapat dilakukan, yaitu menginstall SATA Driver menggunakan USB Floppy atau membuat Unattended Windows Installer menggunakan NLite.

Cara 1:
  1. Sediakan Disket untuk menyimpan SATA Driver.
  2. Download SATA Driver untuk Acer , Toshiba, atau notebook merk lain yang menggunkan hardisk SATA. Download
  3. Ekstrak AHCI.zip
  4. Buka folder AHCI\F6 Floppy Utility\f6flpy32\ dan jalankan file f6flpy32.exe (jangan lupa memasukkan Disket ke Floppy Drive), ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.
  5. Boot Laptop anda dengan CD Windows XP (jangan lupa memasang USB Floppy drive dilaptop anda).
  6. Ketika muncul pesan "Press F6 if you need to install a third party SCSI or RAID driver...", segera tekan F6.
  7. Setelah proses loading, dilayar anda akan muncul pesan:
  8. Masukkan Disket yang berisi SATA Driver ke USB Floppy Drive anda, kemudian tekan S. Akan muncul daftar driver yang ada pada Disket tadi, pilih driver yang sesuai dan lanjutkan proses Instalasi Windows XP anda.
Cara 2:
  1. Sediakan CD Blank.
  2. Download software nLite disini.
  3. Download SATA Raid disini. (Download)
  4. Instal nLite ke komputer anda. NB: dalam mengistal nLite pertama kali akan muncul permintaan sofware Microsoft Frame.net 2.0 anda bisa download di sini Download.
  5. instal dotnetFx anda telebih dahulu kemudian baru instal software nLite
  6. Buat Folder baru, kemudian copy semua file yang ada di CD Windows XP dan paste ke folder tersebut.
  7. Jalankan program nLite, kemudian klik next.
  8. Browse folder yang berisi CD Windows XP yang tadi anda buat, lalu klik next.
  9. Klik next lagi, pilih "integrate drivers" dan "Create Bootable ISO", klik next.
  10. Ekstrak SATA Raid.zip
  11. Pilih "insert" pada nLite, kemudian pilih "Multiple driver folder" arahkan ke folder tempat anda mengekstrak SATA Raid, kemudian klik OK.
  12. Klik All, kemudian OK.
  13. Pilih "Textmode driver", sorot semuanya, kemudian klik OK.
  14. Klik next, kemudian jawab "Yes" untuk memulai proses integrasi driver.
  15. Setelah selesai, klik next untuk melanjutkan ke tahap pembuatan Bootable ISO.
  16. Pada bagian "Mode" Pilih "Create Image" untuk membuat ISO image, atau pilih "Direct Burn" untuk langsung nge-burn ke CD.
  17. Setelah proses burning selesai, anda dapat menggunakan CD tersebut untuk melakukan Instalasi Windows XP ke Acer Aspire 4310.

NB: 2Cara ini dapat juga digunakan untuk beberapa Motherboard , Laptop/ Notebook yang menggunakan SATA Raid. Contohnya HP Compaq, Lenovo, Toshiba, Fujitsu, Axxio, Anote dll.





16 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya Pake Toshiba L200 bos, cd na udh jadi tp tetep aj gk bisa buat install xp na .....
gmn dong bos??? Binun nech...
tolong donk...

YogiezCom on 9 Januari 2009 pukul 23.01 mengatakan...

mungkin dalam pembuatan cd xpnya da yang salah, atau udah coba yang cara yang pertama tah? klo yang pertama pasti berhasil,cuma anda harus mempunyai flopy usb. setelah no 8 diatas pilih driver sata raidnya no 3 dari bawah..selamat mencoba..

Anonim mengatakan...

Saya punya L40, installnya sukses tuh installnya tp masih pake Floppy, ntar saya coba praktikin pk CD sprti mas gyeezone.

YogiezCom on 10 Januari 2009 pukul 22.10 mengatakan...

klo pake floppy memang jarang terjadi trouble, cuman cara menginstallnya lebih ribet dan harus punya floppy usb,tapi klo pake cd xp buatan sendiri pembuatan lebih ribet tapi klo berhasil kemungkinan cd xp buatan anda 80% support untuk semua laptop berhardisk sata :) dan kelebihan di nlite ini anda bisa mengisi cd xp anda dengan sofware2 lain yang mungkin anda perlukan, dan bisa langsung memasukakan key product win Xp anda secara otomatis saat instalasi, dan masih banyak lagi feature2 yang lain... salam knal dan selamat mencoba

Anonim mengatakan...

driver sata nya cocok buat acer 4730z g?

knp setiap saya install XP di 4730z slu blue screen ya? drivernya dari sini semua, bios d setting IDE..

bisa bantu saya mas?

Ym ya.. just.jiem

YogiezCom on 26 Januari 2009 pukul 02.28 mengatakan...

bios di setting default aja, oh ya mas nya instalsi pake cara yang mana?? pke floppy atau pake yang cd?? trus blue screen nya saat instalasi XPnya atau saaat meng instal drivernya??
klo blue screen muncul saat instalasi drivernya ada kemungkinan hardwarenya tidak cocok dengan sofwrenya, coba gogglinga aja driver yang cocok engan notebook anda, klo saat installasi XPnya aku sendiri belum pernah mengalaminya, selama ini mencoba nginstall normal2 aja!! bisa diperjelas munculnya blue screen nya mas,mungkin saya bisa bantu??

Anonim mengatakan...

hallo.. klo laptop aspire 4930 udh terlanjur terformat gmn mas, soalnya gk bs jalan instal dengan w.xp. thx

YogiezCom on 12 Februari 2009 pukul 04.21 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
YogiezCom on 12 Februari 2009 pukul 04.21 mengatakan...

sebenarnya yang bermasalah adalah installer windows XP anda belum dilengkapi dengan driver sata raid, coba gunakan cara pertama di atas untuk menginstal notebook aspire 4930 anda, semoga berhasil :)

Anonim mengatakan...

harddisk nya udah detect pake cara diatas dan xp nya udah selesai di instal dan kemudian restart tp pas mau booting xp nya keluar blue screen... trus restart lagi..
Apa yang salah tui bos??

Anonim mengatakan...

mas kalo mau install windows di notebook merk thosiba tecra 8200 gmna?mohon bantuannya thx.

YogiezCom on 31 Maret 2009 pukul 06.59 mengatakan...

install toshiba tecra 8200 tidak seribet yang menggunakan hardisk sata, mas tinggal install seperti mas menginstal PC, dan driver untuk tecra 8200 sudah plug n play( sudah tersupport oleh Windows XP) jadi tidak bingung lagi untuk mencari drivernya

Anonim mengatakan...

saya instal win sp2, setelah selesai restart tidak tampil windown nya. Laptop merk A note C 3262 AS. bs minta tolong nih?

Unknown on 15 April 2009 pukul 21.13 mengatakan...

saya coba install win xp sp2 tapi kok gak bisa laptop merk laptop A*Note Centurion C-3454 tolongk bantuannya please

YogiezCom on 15 April 2009 pukul 22.15 mengatakan...

kemungkinan windows xp 2 anda belum suport sata raid, coba anda masuk di bios, dan setting bios anda untuk sata raid, sehingga saat xp meload hardisk anda dapat terdeteksi,bila tidak ada settingan tersebut, ansa harus menggunakan 2 cara seperti diatas,yang perlu di perhatikan saat proses pembuatan win xp support sata di atas,1 gunakan komputer yang benar2 bersih dari virus( kalau tidak timbul masalah seperti blue screen), pengopian source windows sempurna,bila anda ingin lebih simple aplikasi di atas dapat di gabungkan dengan instalasi windows xp melalui USB, tutorialnya bisa baca di sini "cara instal xp dari usb"

Anonim mengatakan...

bos sya dah buat XP + sata pake nlite, bisa buat booting n dah nyampai hapus pasrtisi,, tapi dah mau format muncul bluscreen yang minta scsi.. gmana bisa bantu

Posting Komentar

 

Yogiezcom_blog's

Chat ini, berfungsi untuk meninggalkan pesan saja kepada kami, bila anda ingin langsung berhubungan dengan kami anda dapat menghubungi Via Telephone, email dan Yahoo messenger yang tersedia di atas. Terima Kasih, Salam.... http://www.servicenotebook.net

Arsip Blog

About Me

Foto saya
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Kami Bergerak di Bidang Usaha Service Notebook / Reparasi laptop segala merk dan kerusakan, Kepuasan anda adalah kemajuan kami, Murah cepat dan memberikan solusi terbaik!!!

Yogiezcom_blog's Copyright © 2009